Jumat, 12 Agustus 2011

Karkuzary Masturoh

Alhamdulillah akhirnya khuruj masturoh bisa terlaksana dengan baik. Kegiatan dakwah dikalangan wanita ini diikuti oleh 7 pasang jemaah suami istri. Semua yang mengikuti program ini adalah satu halaqoh , terdiri dari 5 orang jemaah baru dan 2 orang jemaah lama.

Jemaah yang turut serta dalam khuruj masturoh kali ini adalah aliyah Irmansyah, aliyah Djaelani, aliyah Budi, aliyah Adi, aliyah Muhajir, aliyah Firwan dan aliyah Salman.Keseluruhan jemaah berasal dari satu halaqoh yaitu Bintaro, Jakarta selatan.

Kegiatan diawali hari Kamis dengan bayan hidayah di rumah aliyah nasir pada pukul 9 pagi. Dalam bayan hidayah dikatakan mengenai pentingnya kaum wanita untuk ikut serta dalam usaha dakwah agar mampu memberikan pemahaman agama pada anak, mendidik anak-anak menjadi da'i dan memberikan pendidikan yang sesuai dengan cara islam serta mampu berdakwah dikalangan wanita juga mencontoh para sahabiah dalam mengobarkan semangat dakwah.

Setelah bayan hidayah jemaah bergerak menuju rumah muhajirin aliyah Djakaria di kawasan Pamulang. Perjalanan kurang lebih 45 menit dan alhamdulillah tidak ada rintangan selama dalam perjalanan tersebut.Rombongan menggunakan tiga mobil dan satu motor.

Rumah tujuan di kawasan Pamulang tersebut adalah rumah aliyah Djakaria, seorang yang mempunyai ilmu yang luas dan lembut hati. Rumah tersebut sering pula menerima jemaah foreign.

Kedatangan kami kesana sudah ditunggu dan tuan rumah sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama kegiatan masturoh.

Karena kedatangan kami sebelum masuk waktu dzuhur maka kami masih dapat melaksanakan taklim pagi membaca kitab fadhoil amal dan muzakaroh 6 sifat sahabat r.a.

Program yang dijalankan hari berikutnya tidak berbeda dengan hari pertama. Pembacaan kitab fadhoil amal dilanjutkan dan muzakaroh 6 sifat sahabat pun dilakukan 2 kali yaitu saat shubuh setelah halaqoh tajwid dan sebelum masuk waktu dzuhur.

Muzakaroh ba'da maghrib pada hari jum'at membahas mengenai cara mendidik anak secara sunah.Selepas isya muzakaroh mengenai amalan malam yaitu amalan yang dilakukan selepas sholat maghrib sampai tahajud. Bacaan al'qur'an yang disunahkan dibaca saat maghrib, saat isya dan setiap malamnya,disertai ilmu mengenai faedah surat-surat tersebut.Lalu dilengkapi dengan adab tidur secara sunnah.

Saat muzakaroh adalah saat yang menyenangkan karena setelah penjelasan topik muzakaroh ,setiap jemaah akan diminta menjelaskannya kembali. Alhamdulillah karena sebelumnya sudah mempersiapkan diri dengan catatan maka kegiatan ini berlangsung lancar.

Secara keseluruhan kegiatan masturoh ini adalah pembekalan bagi wanita sebagai istri dan da'iyah bagi anaknya. Wanita diberi ilmu adab bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari sebagai istri dan ibu dalam mendidik anak serta dididik untuk selalu menjaga amalan amalan sunnah baik sholat sunah, puasa sunnah, dzikir dan baca alqur'an.Wanita harus dapat mengamalkan 6 pesanan wanita agar suasana agama hidup dalam rumah.

6 pesanan wanita
1. Sholat awal waktu
2. Hidupkan taklim rumah
3. Istiqomah membaca al-qur'an dan dzikir
4. Mendidik anak secara sunah
5. Hidup sederhana
6. Mendorong suami atau mahramnya untuk khuruj fisabilillah

Insya Allah setelah mengikuti kegiatan ini maka kita bisa mengamalkan apa yang kita ketahui

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites